Pengertian dan Jenis-Jenis Scanner

A.
Pengertian Scanner



Scanner adalah sebuah alat pemindai salah satu perangkat input pada komputer, merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya seperti mesin fotokopy ke dalam bentuk digital.


B.
Fungsi Scanner



Fungsi Scanner adalah untuk memindai bentuk dan sifat benda atau dokumen yang disimpan dalam komputer menjadi file digital berupa file gambar, foto atau dokumen melalui koneksi port USB pada casing komputer


C.
Cara kerja scanner



1.
Saat kita menempatkan objek seperti kertas bergambar, teks dokumen pada layar kaca scanner

2.
Pada waktu tombol Start Scan pada jendela menu scanner di layar monitor, maka saat itulah scenner akan melakukan proses scanning.

3.
Proses scanning berlangsung ditandai dengan adanya pancaran cahaya kepada benda / objek scan yang hasilnya akan dikirim pada sensor charge-coupled device (CCD) yaitu suatu alat berfungsi untuk menerima hasil scanner untuk di kirim ke Analog To Digital Converter (ADC) yaitu pengubah input analog menjadi kodekode digital yang kemudian dikirimkan ke komputer

4.
Setelah masuk ke komputer, hasilnya bisa di simpan, di edit atau langsung dicetak  melalui printer sesuai dengan kebutuhan.



D.
Jenis-Jenis Scanner




1.
Berdasarkan Bentuk





a. Scanner gambar Flatbed :
Scanner Flatbed
   scanner ini berbentuk seukuran dengan kertas folio sehingga seperti mesin fotocopy dengan ukuran yang kecil.

b. Handy scanner :
Handy Scanner
   
   scanner ini bentuknya postcard yang biasa kita jumpai pada supermarket atau minimarket karena biasanya digunakan pada mesin kasir untuk membaca harga barang yang tertera pada barcode.
 
c. Scanner Copy (PSC) 
Scanner Copy (PSC)
    
 merupakan perangkat yang mempunyai multifungsi diantaranya bisa digunakan sebagai scanner, bisa digunakan sebagai printer dan bisa digunakan untuk mesin fotocopy, contohnya adalah printer scanner canon MP287 dll




2.
Berdasarkan Kegunaan dan Cara Kerjanya






a.
Scanner gambar





Scanner gambar Flatbed,
Scanner Flatbed
  merupakan Scanner gambar yang cara kerjanya dengan meletakkan dokumen tulisan / gambar satu per satu diatas kaca bagian atas scanner.

- Scaneer gambar Automatic Document Feeder (ADF),
Scanner ADF
merupakan Scanner gambar yang cara kerjanya dengan meletakkan dokumen / gambar pada tempat kertasnya dan secara otomatis alat ini akan mengambilnya satu persatu serta memindainya menjadi file digital.



b.

Drum Scanner,


Drum Scanner

merupakan scanner yang cara kerjanya menggunakan photomultiplier tubes (PMT) untuk memindai sehingga scanner jenis ini mampu menghasilkan kualitas scan yang lebih baik, namun karena harganya relativ mahal membuat scanner jenis ini tidak banyak diminati kebanyakan orang.



c.

scanner barcode,
Scanner Barcode
merupakan jenis scanner yang sering digunakan pada toko/mall untuk memindai code produk.



d.

scanner sinar-X,
 
Scanner Sinar-X

merupakan jenis scanner yang digunakan untuk memindai bagian dalam suatu benda (Tulang, Rongga dada, rongga perut dll). Scanner jenis ini biasanya digunakan pada Rumah Sakit.



e.

Scanner cek,
Scanner Cek


merupakan jenis scanner yang digunakan untuk memindai keaslian sebuah cek dan scanner jenis ini biasanya digunakan pada bank atau kantor pendanaan.



f.

Scanner logam,
 
Scanner Logam


merupakan jenis scanner untuk mengetahui kandungan logam yang ada pada logam tersebut.



g.

Scanner Optical Mark Reader (OMR),
Scanner OMR
merupakan jenis scanner untuk memindai lembar jawaban komputer (LJK) yang biasanya digunakan pada sekolah-sekolah dan instansi pendidikan lainnya.



h.

Scanner 3 Dimensi (3D),


Scanner 3 Dimensi

merupakan jenis scanner yang digunakan untuk memindai barang/benda secara 3 dimensi.





Silahkan Baca :




Demikian teman-teman, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan bagi kita semua.




Daftar Isi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat Pembersih Komputer yang Wajib di Miliki

Cara Mengatasi Virtual Memory Low pada Komputer

Cara Membersihkan atau Merawat Scanner