Alat Pembersih Komputer yang Wajib di Miliki

Sebaiknya jika kita memiliki komputer/laptop maka hendaknya kita juga harus memiliki alat pembersihnya agar komputer/laptop senantiasa terjaga kebersihannya. Salah satu kotoran yang sering menempel pada komputer/laptop adalah debu. 

Perangkat yang mudah sekali kotor adalah keyboard dan mouse karena merupakan perangkat yang paling sering "dipegang-pegang" baik oleh si pemiliknya ataupun user.

Pada komputer PC, debu sering masuk dalam cassing dan menumpuk di Motherboard, jika dibiarkan, lama kelamaan debu akan semakin menumpuk dan Komponen bagian dalam yang berdebu dapat menurunkan performanya. Salah satu contoh saja, misalnya menurunnya performa dari kipas pendingin Processor (CPU) maka otomatis CPU akan lebih cepat panas, pada akhirnya komputer tidak bisa bekerja dengan sempurna.

Contoh debu yang menumpuk pada kompunen kipas pendingin CPU
Oleh karena itu, sebaiknya komputer/laptop harus dibersihkan secara berkala baik bagian luar maupun bagian dalamnya dan dalam hal ini tentunya kita juga harus punya alat yang sesuai untuk dipergunakan pada bagian-bagian kompunen komputer.

Berikut adalah beberapa alat pembersih komputer / laptop yang minimal wajib kita mliki.


1. Kain microfiber


Kain microfiber adalah kain sintetis yang mirip handuk tapi teksturnya lebih halus dan dengan diameter serat yang sangat kecil bahkan lebih kecil dari sutera.  Dilihat dari sifatnya, kain microfiber mampu menyerap debu dengan baik. 

Kain microfiber cocok digunakan untuk membersihkan layar monitor, mouse, casing, dan permukaan datar lainnya

2. Air blower
 
Air blower adalah mesin yang berfungsi untuk untuk meniupkan angin atau menyedot angin dengan tekanan tinggi. Cocok untuk membersihkan PC bagian dalam.



3. Blower karet
 


Blower karet digunakan untuk membersihkan celah-celah kecil yang sulit dijangkau. Cocok digunakan untuk membersihkan sela-sela tombol keyboard dan heatsink.

4. Kanebo

 
Kanebo merupakan alat pembersih yang dapat menyerap air. Kanebo memiliki karakteristik seperti busa padat (spons) jika terkena air dan akan sangat keras jika kadar air di dalamnya menipis. Kanebo sangat cocok untuk membersihkan casing komputer, mouse, tombol keyboard, speaker, printer, scanner, dan hardware eksternal lain

5. Cairan pembersih monitor


 
Merupakan cairan yang khusus untuk membersihkan layar monitor LCD dan LED. Cairan ini cukup ampuh membersihkan debu yang sulit hilang.
Caranya cukup disemprotkan ke kain microfiber lalu lap ke monitor.

6. Magic gel
 
Merupakan bahan pembersih yang sifatnya menyerupai lilin mainan anak-anak, tapi lebih lunak dan
dapat digunakan berkali-kali. Cocok digunakan untuk membersihkan keyboard dan permukaan yang tidak rata.

Cara menggunakan cukup diletakan di atas keyboard maka gel ini akan masuk ke sela-sela tombol keyboard dan menyerap debu yang menempel. 

Perhatian !
Bahan ini bukan mainan anak-anak oleh karena itu jangan sampai dipergunakan oleh anak-anak karena zat kimia di dalamnya sangat berbahaya bila tertelan.

7. Mini vacuum cleaner

 
Mini vacuum cleaner adalah alat menghisap debu yang sulit dijangkau. Alat ini terdapat sikat halus pada bagian ujungnya yang bisa sekaligus untuk membersihkan kotoran yang menempel. Alat ini menggunakan daya listrik yang kecil, biasanya ada yang menggunakan batrai dan ada juga yang menggunakan USB. Alat ini cocok untuk membersihkan keyboard dan permukaan kecil yang berdebu.  


Demikian beberapa alat pembersih komputer/laptop yang minimal harus kita miliki agar dapat membersihkan kompunennya dari kotoran. Peralatan tersebut cukup mudah didapatkan di toko-toko komputer dan harganya pun tidak terlalu mahal. Semoga bermanfaat untuk kita semua.



Daftar Isi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Virtual Memory Low pada Komputer

Cara Membersihkan atau Merawat Scanner