Jenis-Jenis Software Utility

Software Utility adalah jenis software yang dirancang untuk membantu menganalisa, mengkonfigurasi, mengoptimalkan dan memelihara komputer. 

Software Utility lebih memfokuskan penggunaannya pada pengoptimasian fungsi dari infrastruktur yang terdapat dalam sebuah komputer.

Kebanyakan software utilitas ini dibuat secara khusus untuk melakukan fungsi tertentu pada suatu area komputer secara spesifik, seperti memformat harddisk, atau melakukan pengecekan konektifitas jaringan. Namun dalam perkembangannya sejumlah perangkat lunak utilitas terkadang pula dipaketkan dalam satu paket utilitas yang ditujukan untuk beragam kebutuhan.


Jenis-jenis Software Utility yang umum digunakan pada komputer / laptop dengan operasi sistem windows adalah sebagai berikut : 

1. Software Backup dan restore

Software Utility untuk melakukan backup data yang ditujukan untuk membuat duplikat arsip agar tidak terjadi kehilangan data bila perangkat penyimpanan tidak dapat berfungsi. Contoh Software backup yang cukup populer adalah Norton Backup (dari Symantec) dan Colorado Scheduler.
    2. Software Pemulihan Data 

    Software Utility untuk mengembalikan data yang secara fisik telah rusak atau berubah yang disebabkan oleh oleh virus, perangkat lunak yang buruk, kegagalan perangkat keras, dan fluktuasi daya listrik yang terjadi ketika data sedang ditulisi/diubah. Contohnya adalah Software Get data Back

    3.
    Software Anti virus

    Software Utility untuk melakukan pemeriksaan (scan) semua disk dan memori terhadap adanya virus dan mengisolasinya agar tidak terjadi kerusakan lebih lanjut.

    4.
    Software Kompresi data

    Software Utility untuk mengompresi atau memperkecil ukuran sebuah dokumen sehingga dapat menghemat pemanfaatan ruang penyimpanan, serta mempermudah pendistribusian. Contoh Software ini adalah Winrar, Winjib

    5. Software Partisi

    Software Utility untuk mengatur partisi (bagian) dalam sebuah hardisk, seperti Software Easius partition manager.

    6. Software Burning disk

    Software Utility untuk membuat data dalam piringan dvd/cd. Contoh Software ini adalah Nero.

    7.
    Software duplikat file

    Software Utility untuk mempercepat dan mempermudah proses duplikat atau mengcopy file. Contoh Software ini adalah tera copy

    Nah, teman-teman, itu lah jenis software utility yang sering digunakan di kompter, semoga bermanfaat.




    Daftar Isi

    Komentar

    Posting Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Alat Pembersih Komputer yang Wajib di Miliki

    Cara Mengatasi Virtual Memory Low pada Komputer

    Cara Membersihkan atau Merawat Scanner