Jenis Jenis Mouse Dan Fungsinya

Pengertian :

  • Mouse merupakan perangkat input pada komputer yang berfungsi untuk mengarahkan dan juga mengatur posisi kursor (pointer) sebagai penunjuk tombol atau objek perintah pada layar monitor. 
  • Mouse merupakan sebuah hardware yang dihubungkan ke komputer / Laptop melalui kabel (wire) atau secara wireless (tanpa kabel). 
Umumnya user (Pengguna Komputer) tentu sudah mengenal hardware yang satu ini, dan sekalipun bentuknya kecil tapi banyak sekali fungsinya dalam pengoperasian komputer.
Mouse yang biasa digunakan ada dua jenis yang dibedakan berdasarkan bentuk dan portnya yaitu sebagai berikut :

A. Jenis Mouse Berdasarkan bentuknya. 
  • Mouse Optic,  yaitu mouse yang menggunakan teknologi optic untuk menggerakkan pointer yang di letakkan  di bagian bawah mouse. 
 
Mouse Optic
    • Track Ball, yaitu mouse dengan bola kecil yang di gunakan untuk menggerakkan pointer.
    Mouse Track Ball

    B. Jenis Mouse Berdasarkan Portnya.
    • Mouse Serial, Mouse ini banyak digunakan pada komputer era Pentium 1, Pentium 3 yang berjenis AT. Dari bentuknya, mouse ini berbentuk port serial yang memiliki beberapa pin pada ujung portnya.

      Mouse Serial
    • Mouse PS2, Mouse ini sampai sekarang masih ada sebagian yang masih menggunakannya. Mouse PS2 mempunyai ciri khas berwarna hijau pada bagian ujung kabelnya, warna inilah yang digunakan untuk membedakan antara mouse dan keyboard yang biasanya menggunakan warna biru atau ungu. 
    Mouse PS2
    • Mouse USB, Mouse jenis USB yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer, karena sangat kompatibel untuk komputer jaman sekarang. Mouse USB mempunyaui ciri khas yang berbentuk port pada ujung kabelnya. Penggunaannya sangat mudah, anda tinggal colokkan atau plug ke port usb komputer anda.
     
    Mouse USB
    • Mouse Wireless, mouse ini menggunakan sinyal, layaknya Wireless mouse ini bisa di gunakan dari jarak hampir satu meter dari komputer.
    Mouse Wireless

    Cara Kerja Mouse
    • Pada mouse, terdapat sensor sebagai penggerak kursor. 
    • Gerakan kursor tersebut merupakan hasil operasi sensor oleh putaran bola yang terdapat pada bagian bawah mouse (Sekarang, bola pada mouse kini telah diganti dengan teknologi optik) yang mampu menggerakkan sensor lebih akurat.
    Tombol Mouse
    • Standart nya sebuah mouse memiliki dua tombol yaitu satu kanan dan satu tombol kiri.
    • Pada bagian tengah atas mouse terdapat satu buah roda (scroll)
    Fungsi operasi dasar penggunaan mouse
    1. Klik kanan, berfungsi untuk memunculkan menu. Menu yang tampil berbeda-beda tergantung dari aplikasi yang sedang di jalankan. 
    2. Klik kiri, digunakan untuk mengkses menu, menandai/memilih pada dialog box, memindahkan kursor saat menulis, memilih objek tertentu dan sebagainya. 
    3. Scroll, digunakan untuk menggulung halaman pada layar monitor keatas dan kebawah. 
    4. Drag, yaitu menyeret atau memindahkan kursor/pointer ke arah tertentu sambil menahan klik kiri. Ini biasa digunakan untuk memindahkan objek, melakukan blok teks, atau  memilih beberapa objek sekaligus. 
    5. Double Klik, yaitu melakukan klik 2 kali dengan cepat, biasanya digunakan untuk membuka/menjalankan suatu program tertentu, misalnya membuka aplikasi shortcut di layar monitor.


    Demikian semoga bermanfaat.




    Daftar Isi

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Alat Pembersih Komputer yang Wajib di Miliki

    Cara Mengatasi Virtual Memory Low pada Komputer

    Cara Membersihkan atau Merawat Scanner