Jenis-Jenis Software Sistem Operasi Komputer

Sistem Operasi Komputer biasanya dikenal dengan sebutan OS (Operating System) dan Software Sistem Operasi Komputer ada beberapa jenis dan saat ini, sistem operasi komputer saat ini tidak hanya digunakan pada komputer jenis PC/Laptop, akan tetapi sudah digunakan pada smartphone.
Ada dua kelompok Sistem Operasi Komputer (OS), yaitu : 

  1. Command line interface (CLI), yaitu jenis sistem operasi komputer yang memiliki kontak/interaksi dengan usernya (Pengguna) yang interfacenya menggunakan perangkat keras berbasis huruf, angka, dan symbol, seperti sistem operasi DOS. Sistem operasi CLI saat ini sudah jarang ditemukan atau bahkan hampir tidak digunakan lagi untuk keperluan user (Pengguna) dan hanya digunakan untuk keperluan tertentu saja.
  2. Graphical User Interface (GUI), yaitu jenis sistem operasi komputer yang mengandalkan interaksi grafis antar user (Pengguna). Melalui sistem operasi ini Pengguna akan mampu mendapatkan informasi dengan lebih jelas karena terdapat tambahan fitur grafis dan warna. Nah, sistem GUI ini sekarang banyak dipergunakan pada sistem operasi Windows dan Mac OS.
 Jenis-jenis sotware operasi komputer

Windows
Windows adalah pengembangan dari sistem operasi DOS, yang sudah mendukung fitur Graphical User Interface (GUI), oleh sebab itu Windows salah satu dari sistem operasi yang saat ini paling banyak digunakan user  (Pengguna).
Mac OS adalah sistem operasi pertama yang mendukung sistem Graphical User Interface (GUI) yang diciptakan oleh Apple, Inc.

Linux adalah salah satu jenis sistem operasi gratis atau biaya sangat murah daripada Mac dan Windows. Namun sistem operasinya bersifat open source atau memiliki source code pemrograman yang bisa dirubah dan dimodifikasi sesuai dengan kemauan user (Pengguna).
Symbian adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi yang bernama Symbian Ltd. Sistem operasi Symbian banyak digunakan oleh perangkat smartphone seperti nokia dan Sony Ericsson.
Android
Android adalah salah satu sistem operasi Linux dengan versi ponsel yang saat ini banyak / populer digunakan pada smartphone, dan hampir semua device smartphone, PC tablet, dan mini PC menggunakan sistem operasi Android. Hal ini disebabkan biaya pengembangan yang sangat ekonomis, namun mampu memberikan fitur-fitur yang optimal.

Windows Mobile adalah sistem operasi pada smartphone yang mengunakan sistem operasi Windows dengan versi mobile, namun dukungan aplikasi pada Windows Phone tidak sebanyak dukungan aplikasi pada Android dan Apple Software.
BlackBerry adalah salah satu jenis sistem operasi yang sama seperti sistem operasi Apple (identic dengan satu jenis smartphone saja) namun sistem aplikasi blackberry ini tidak memiliki Graphical User Interface (GUI) yang menarik, dibandingkan dengan sistem operasi android, windows dan Apple software. Hanya saja sistem operasi ini mempunyai produk unggulan yaitu Blackberry Messenger yang memungkinkan user (pengguna) bisa bertukar informasi atau berkomunikasi dengan mudah terutama untuk kepentingan bisnis.

Demikian uraian mengenai jenis software operasi pada komputer, semoga bermanfaat bagi kita semua.

    Daftar Isi

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Alat Pembersih Komputer yang Wajib di Miliki

    Cara Mengatasi Virtual Memory Low pada Komputer

    Cara Membersihkan atau Merawat Scanner