Jenis-Jenis Printer dan Fungsinya

Dikesempatan kali ini saya ingin berbagi mengenai pengertian printer, jenis dan fungsinya. Teman-teman mungkin sudah tahu bahwa Printer itu adalah salah satu hardware (Perangkat Keras Komputer) yang di penggunaannya dihubungkan ke perangkat komputer / Laptop. Printer biasanya dipakai untuk mencetak sebuah File, baik berupa Tulisan, Foto (Gambar). Sekarang ini, printer bukanlah barang yang langka karena bisa ditemukan hampir disemua Kantor, Sekolah/Kampus, bahkan sudah banyak yang memilikinya dirumah. Keberadaan Printer sekarang sudah beragam artinya banyak merek dan jenisnya.  

Apa saja jenis-jenis printer beserta fungsinya tersebut, mari kita simak uraian berikut :
1. PRINTER INKJET
PRINTER INKJET
Printer Inkjek adalah jenis printer yang paling banyak kita temui dan dipakai orang pada umumnya. Cara kerja Printer Inkjek yaitu dengan cara menyemprotkan tinta keatas kertas yang dilakukan oleh sebuah plat Magnet sesuai dengan pola yang diperintahkan oleh komputer untuk membentuk tulisan atau gambar. Kualitas hasil pencetakannya Standart printer inkjet yaitu 300 dpi. 

2. PRINTER LASER JET 
PRINTER LASER JET
Printer yang cara kerjanya adalah laser akan memancarkan sinarnya ke sebuah drum shingga akan menyebabkan drum tersebut berputar melalui toner sehingga terjadi kombinasi antara tekanan panas dan akhirnya proses pencetakan akan terjadi untuk membentuk pola tulisan atau gambar yang nantinya akan dicetak keatas kertas. 
 
3. PRINTER LED/LCD
PRINTER LED/LCD
Printer ini merupakan jenis printer yang hampir sama dengan printer Laser, tapi yang membedakannya terdapat pada prosesnya yakni menggunakan Light - Emiting - Dioda, sehingga LED Printer mampu menghasilkan kualitas cetak yang sangat tinggi, baik grafis maupun teks.

4. PRINTER DOT MATRIX 
PRINTER DOT MATRIX
Printer ini sering dipakai pada kantor pembiayaan, kasir dan lain-lain. Cara kerjanya hampir sama dengan mesin TIK biasa yaitu menggunakan pita karbon dan pin-pin jarum yang tertata rapi untuk mencetak huruf serta karakter lainnya. Kecepatan cetaknya 50 sampai dengan 500 karakter per detiknya dan dengan Jumlah Pin yang digunakan antara 9 pin sampai dengan 24 pin per jarum. 

5. PRINTER SOLID INK 
PRINTER SOLID INK
Printer ini memakai jenis tinta yang sudah dipadatkan. Ketika digunakan, mesin akan melelehkan tinta padat tersebut dan menampungnya pada suatu tempat yaitu drum untuk mendinginkan tinta. Setelah itu baru digunakan untuk mencetak.

6. PRINTER DYE SUBLIMATION

PRINTER DYE SUBLIMATION
Printer jenis ini sering digunakan oleh fotografer dan desainer grafis profesional untuk pekerjaan pencetakan pada permukaan benda keras, misalnya mencetak desain pada Gelas, Mangkok, Porselin atau Souvenir keras lainnya. Cara kerjanya memanaskan tinta sehingga terjadi perubahan wujud dari padat menjadi gas (menyublim).

7. PRINTER PORTEBEL

Printer Portable
Printer jenis ini memiliki bentuk lebih kecil dari printer lainnya, sering digunakan oleh seorang yang berprofesi sebagai tukang Foto keliling karena bisa dengan mudah dibawa kemana-mana.

8. PRINTER PLOTTER

Printer Plotter
Merupakan jenis printer yang sangat akurat dalam proses pencetakannya. Printer ini memiliki ukuran fisik besar dan biasanya untuk mencetak gambar-gambar yang berukuran besar seperti mencetak gambar Reklame, Spanduk dan lain-lain.

9. PRINTER PHOTO DIGITAL

Printer Photo Digital
Merupakan jenis printer yang biasa digunakan oleh seorang Photografer untuk mencetak Photo dengan kualitas Tinggi. 

10. PRINTER ID CARD

Printer ID Card
Jenis printer yang digunakan untuk mencetak ID CARD. 

11. PRINTER POS (Point of Sale)

Printer POS
Printer jenis ini banyak kita temukan di toko-toko atau swalayan, untuk mencetak data transaksi, dan printer ini terhubung langsung dengan laci penyimpan uang otomatis.

12. Printer Label
 

Printer Label
Printer Label berguna untuk mencetak label barang atau benda lain dalam jumlah yang banyak dan berbagai ukuran, lengkap dengan barcode. Printer ini ada berbagai bentuk sesuai kebutuhan masing-masing toko atau perusahaan.

13. Printer CD/DVD
Printer CD/DVD
Printer jenis ini biasanya dipakai untuk mencetak label CD/DVD atau gambar dan tulisan pada permukaan CD/DVD.

Demikian beberapa jenis dan fungsi printer, semoga artikel ini bermanfaat.
 

Daftar Isi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat Pembersih Komputer yang Wajib di Miliki

Cara Mengatasi Virtual Memory Low pada Komputer

Cara Membersihkan atau Merawat Scanner