Jenis dan Fungsi LAN Card

LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau lainnya.

Ada dua jenis LAN Card yaitu :

A. Berdasarkan Sifatnya
  • LAN Card atau NIC yang Bersifat Fisik : Biasanya ada yang onboard dan juga eksternal. Secara onboard dipasang pada BUS PCI, MCA atau PCIE, sedangkan secara eksternal dipasang melalui port BUS USB, Pararel, PCMCIA, Serial, dan Express card sehingga lebih mudah digunakan bila aktifitas diluar.
  • LAN Card atau NIC yang Bersifat Logis : Pada umumnya NIC yang memiliki nomor alamat atau MAC Address yang bisa bersifat statis atau dinamis (dapat diubah oleh pengguna). Contoh NIC bersifat logis yakni Loop Back adapter, dialup adapter atau network adapter.

B. LAN Card Berdasarkan Pemasangannya

1. LAN Card ISA, adalah jenis LAN card yang pertama kali ditemukan dan diproduksi oleh perusahaan IT terkemuka. LAN card ISA memiliki slot berwarna hitam dan output connector BNC atau RJ 45.
Gbr. LAN Card ISA
2. LAN Card PCI, adalah jenis LAN card generasi penerus LAN card ISA yang diproduksi kisaran tahun 1992 bahkan sampai saat ini masih banyak digunakan yang pemasangannya langsung pada motherboard (onboard).
LAN Card PCI
3. LAN Card USB, adalah jenis LAN card generasi terkini yang menjadi pengganti LAN card PCI, LAN card USB penggunaannya bisa lepas pasang, jadi jika diperlukan bisa dipasang, namun jika tidak diperlukan bisa dilepas.
LAN Card USB
4. LAN Card dengan Koneksi Wireless, ini bisa digunakan tanpa memakai kabel dan ini biasanya penggunaanya melalui port USB wirelless.
LAN Card Wirelless
5. LAN Card PCMCIA, adalah kartu jaringan yang digunakan pada laptop dengan slot cardbus yang berada dalam laptop/notebook.
LAN Card PCMCIA


Fungsi LAN Card pada Umumnya Adalah : 
  • LAN card berfungsi untuk bermain game multiplayer (sesama PC/laptop), LAN card ini bisa digunakan untuk bermain game multiplayer seperti Dota 2 atau lainnya. Hanya butuh beberapa tahap untuk mensetting LAN untuk digunakan bersama dengan sahabat anda. 
  • LAN card berfungsi untuk komunikasi dalam satu area, LAN card ini bisa digunakan untuk sarana komunikasi atau chat bersama dalam satu local area. Hal ini sangat membantu kelancaran suatu perusahaan atau instansi dalam mempercepat komunikasi pelayanan untuk pekerjaannya. 
  • LAN card berfungsi untuk membagi koneksi jaringan internet, LAN card ini mampu membagi koneksi jaringan internet dalam satu area menjadi beberapa bagian. Biasanya ini dilakukan untuk membagi jaringan internet yang untuk umum atau khusus. Semisal pada area kampus, jaringan internet pada kantor dosen atau dengan jaringan umum diluar kantor memiliki akses kecepatan internet yang berbeda. Hal biasanya di dalam kantor komputer dosen menggunakan kabel LAN untuk mengakses internet, sedangkan untuk area luar hanya menggunakan wifi. 
  • LAN card berfungsi untuk membantu file sharing sesama jaringan, LAN card ini juga bisa membantu mengcopy file antar semasa komputer yang terhubung dengan jaringan LAN yang telah dibuat. Selain itu juga bisa membantu melakukan printing tanpa menggunakan kabel dan hanya memakai jaringan LAN saja. 
  • LAN card berfungsi untuk jaringan internet pada warnet, LAN card bisa dimanfaatkan untuk membuat sistem jaringan internet, hal ini biasanya perlu bantuan ahli atau anda sendiri bisa mensetting server dan LAN untuk akses seluruh komputer warnet. Fungsi LAN disini sangat penting untuk mengaktifkan jaringan internet pada seluruh komputer dengan menggunakan 1 server saja.

    Demikian, semoga bermanfaat.



      Daftar Isi

      Komentar

      Postingan populer dari blog ini

      Alat Pembersih Komputer yang Wajib di Miliki

      Cara Mengatasi Virtual Memory Low pada Komputer

      Cara Membersihkan atau Merawat Scanner